Jumat, 07 April 2017

Review materi Psikologi Pendidikan "belajar"



REVIEW MATERI BELAJAR
LEARNING
Learning atau belajar adalah“Perubahan perilaku yang relatif permanen yang dibentuk melalui pengalaman.”tetapi,tidak semua perubahan perilaku merupakan hasil belajar.perubahan perilaku karena obat, kelelahan,maturasi dan luka BUKAN merupakan proses belajar.dalam proses belajar ada 2 metode yaitu : Pengondisian klasik dan Pengondisian Operan.
Kondisioning Klasikal : Belajar Asosiasi
      Tokoh : Ivan Pavlov
      Elemen kunci : asosiasi 2 stimulus
      2 hal penting berkaitan dengan pembentukan asosiasi : Frekuensi dan Timing
      Definisi :“Suatu bentuk belajar dimana stimulus netral (CS) dipasangkan dengan UCS untuk menghasilkan CR yang identik dengan UCR.”
  1. Unconditioned stimulus (UCS) adalahstimulus alamiah yang mendatang respon tanpa pengkondisian/belajar
  1. Unconditioned response(UCR) adalah respon alamiah terhadap stimulus alamiah
  1. Conditioned stimulus(CS) adalah stimulus yang dapat mendatangkan respon setelah dipasangkan dengan UCS
  1. Conditioned response(CR) adalah  respon yang identik dengan ACR yang dihasilkan dari CS
Kondisioning Operan : Belajar Konsekuensi
      Definisi :“belajar dimana konsekuensi dari perilaku mengarahkan pada perubahan probabilitas terjadinya perilaku.”
3 macam konsekuensi yang mempengaruhi perilaku :1. penguatan positif
                                                                                                      2.penguatan negative
      3. hukuman
Penguatan Positif adalah konsekuensi yang mengarahkan pada peningkatan probabilitas terjadinya perilaku.
2 hal penting yang harus diperhatikan dalam pemberian penguatan positif :
      1. timing
      2. konsistensi pemberian penguat
Jadwal Penguatan Positif :
1.      Fix ratio
2.      Variable ratio
3.      Fixed Interval
4.      Variable Interval
Shaping adalah “strategi pemberian penguatan positif pada perilaku-perilaku yang mendekati perilaku yang diinginkan.” Strategi ini dilakukan ketika respon yang diharapkan tidak kunjung muncul maka karena itu  perlu untuk melakukan shaping.
Penguatan Negatif adalah“ penguat yang berasal dari pemindahan atau penghindaran suatu kejadian negatif sebagai konsekuensi dari perilaku.”
  1. Escape conditioning
  2. Avoidance conditioning
Pengondisian Klasik
Pengondisian Operan
Asosiasi antara 2 stimulus
Asosiasi antara respon dan konsekuensi
Melibatkan perilaku refleks dan involuntary yang dikontrol oleh tulang belakang atau sistem syaraf otonom.
Perilaku voluntary yang lebih kompleks yang dimediasi oleh sistem syaraf somatic.
UCS dipasangkan dengan CS. Individu tidak perlu melakukan apapun untuk penyajian UCS dan CS.

Konsekuensi penguatan hanya terjadi jika respon yang dikondisikan telah muncul.


Hukuman adalah“konsekuensi negatif dari perilaku yang mengarahkan pada penurunan frekuensi perilaku.”
Dangers of Punishment :
·         Reinforcing to the punisher
·         Has a generalized inhibiting effect
·         Learning to dislike and reacting aggressively (physical punishment)
·         Criticism trap
·         Doesn’t teach the individual how to react more appropriately.
Petunjuk Penggunaan Hukuman :
  1. Jangan menggunakan hukuman fisik
  2. Jangan hanya menghukum tapi berikan juga penguat positif pada perilaku yang benar untuk menggantikan perilaku yang ingin dieliminir melalui hukuman
  3. Jangan menghukum “orangnya” tapi “perilakunya”. Hentikan hukuman bila perilaku telah berhenti.
  4. Jangan campuradukkan hukuman dan hadiah untuk perilaku yang sama
  5. Sekali telah memutuskan untuk memulai hukuman, jangan pernah mundur lagi.
Stimulus Discrimination & Generalization
Stimulus Discrimination  adalah “kecenderungan untuk merespon lebih sering terhadap satu stimulus daripada stimulus lainnya.”
Stimulus Generalization adalah “kecenderungan bagi stimulus yang mirip untuk menghasilkan respon yang sama.”
PENDEKATAN KOGNITIF :
·         Menurut Kognitif, yang dipelajari adalah pengetahuan; perubahan pada pengetahuan mengubah perilaku.
·         Belajar  menurut pendekatan kognitif adalah “Proses mental aktif untuk memperoleh, mengingat dan menggunakan pengetahuan.”
·         Outcome dalam yang dicapai dalam pendekatan kognitif adalah : pengetahuan dan mengetahui.
·         Element paling penting dalam proses belajar  menurut pendekatan kognitif adalah:“pengetahuan”





0 komentar:

Posting Komentar